Cara melestarikan kesenian tari tradisional di era modern



Seperti yang kita ketahui semua nya generasi muda zaman sekarang sedang menyukai segala hal yang berbau modern. Seperti teknologi, fashion dan juga budaya nya pun sudah mulai mengikuti budaya modern atau budaya luar. Tidak di pungkiri bahwa budaya modern tersebut telah menggerus sedikit demi sedikit budaya tradisonal. Contoh nya yaitu di kesenian tari tradisional, sekarang ini lebih banyak generasi muda memilih untuk menekuni tari modern dibandingkan menekuni tari tradisonal yang sebenarnya banyak sekali mengandung nilai moral di setiap gerakannya. Kondisi ini lah yang membuat tari tradisonal semakin tersingkir yang disebabkan kebudayaan modern. Padahal kalau bukan generasi muda yang ikut mengembangkan kebudayaan tradisional kita, siapa lagi yang akan melestarikannya agar tetap ada dan tidak pudar dari peradaban agar anak cucu kita nanti dapat menikmati kebudayaan asli negri kita. Oleh sebab itu, banyak sekali upaya upaya yang dapat dilakukan dalam hal melestarikan tari tradisonal, yaitu salah satunya dengan menyarankan kepada setiap sekolah sekolah untuk menerapkan ekstrakulikuler dalam bidang seni tari.Terus kita bisa melihat dan meyaksikan pertunjukan pertunjukan seni tari yang ada di beberapa acara. Mempunyai rasa ingin tau lebih mengenai pertunjukan seni tari, mendatangi sanggar sanggar seni tari terdekat untuk sekedar ingin tahu mengenai seni seni tari. Coba mempelajari seni seni tari yang ada, mengajarkannya kembali kepada anak anak muda era modern ini agar mereka mengenal seni seni tari itu.
Cara Melestarikan Budaya
Mencari tahu tentang budaya anda
Apabila anda memang belum benar-benar memahami budaya anda, hal yang harus anda lakukan adalah anda harus mencari tahu berbagai macam informasi yang berkaitan dengan budaya anda. Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut lewat bermacam-macam literatur seperti buku, ensiklopedi, atau bisa juga lewat surat kabar. Apalagi, saat ini, banyak literatur yang membahas tentang budaya dan kebudayaan sehingga anda akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai budaya anda. Selain dari literatur cetak, anda pun bisa mempelajari tentang budaya lewat internet. Dengan perkembangan teknologi yang makin pesat karena pengaruh globalisasi, tentu saja akan menjadi kemudahan untuk anda dalam mendapatkan informasi yang lengkap tentang budaya anda. Contohnya yakni bila anda adalah orang Jawa yang ingin memperdalam pengetahuan anda mengenai budaya Jawa, anda dapat membaca berbagai buku budaya Jawa atau cukup mencari infonya lewat website-website tertentu.
  • Mengikuti kegiatan budaya
Untuk bisa mengenal budaya yang ada di daerah anda, setelah mempelajari tentang budaya anda, mengikuti kegiatan budaya adalah langkah yang tepat. Bila anda mengikuti kegiatan budaya ini, tentu saja anda akan lebih cinta pada budaya yang ada. Dalam mengikuti kegiatan budaya, sebaiknya anda terlibat langsung di dalam sebuah kontes misalnya sebab bila anda hanya mengikuti kegiatan budaya sebatas sebagai penonton atau peserta saja, kamu tak akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan.Contohnya saja kamu ingin mengikuti kegiatan budaya Banyumas seperti pementasan kentongan. Akan lebih baik jika kamu menjadi pemain kentongan tersebut sebab anda akan lebih merasakan euforia kebudayaan kamu. Selain itu, terlibat langsung dalam kegiatan budaya juga akan menambah kecintaan kamu pada budaya anda tersebut. Anda juga akan mendapatkan suatu pengalaman baru yang tentu saja tidak bisa dilupakan sebab kegiatan kebudayaan biasanya digelar dalam acara tertentu.
  • Bergabung dalam komunitas
Bila anda ingin mengenal budaya Indonesia dan budaya di daerah anda khususnya, cara lain yang bisa kamu lakukan ialah dengan bergabung dengan komunitas budaya yang ada di sekitar daerah anda. Ada berbagai hal yang akan kamu dapatkan disini. Pertama, kamu bisa lebih mengenal budaya anda sebab dalam sebuah komunitas, akan ada beberapa tokoh kebudayaan yang sering berkunjung untuk menambah pengetahuan kamu atau bisa juga mereka bertukar pikiran dengan kamu dan anggota komunitas lain tentang budaya untuk menghindari penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan Lalu, untuk mempererat tali persaudaraan dan kekompakan dalam melestarikan budaya, sebuah komunitas akan membuat acara tertentu yang bertemakan budaya kamu. Sama halnya dengan poin sebelumnya, ini merupakan hal yang sangat menguntungkan kamu sebab kamu bisa mempelajari bagaimana budaya anda dari acara tersebut.
  1. Memposting kesenian lokal di media sosial anda
Di zaman modern ini, makin banyak orang yang mengenal internet dan media sosial. Lewat media sosial yang menghubungkan seluruh orang di dunia inilah kamu bisa memperkenalkan budaya lokal anda kepada orang luar. Postinglah foto-foto kesenian lokal yang dilengkapi dengan deskripsi di media sosial kamu.Kamu lebih baik jika anda memberikan deskripsi dalam 2 bahasa yaitu bahasa lokal dan juga bahasa inggris supaya orang luar lebih memahami apa yang anda posting. Jelaslah memposting foto-foto kesenian lokal akan lebih bermanfaat untuk kamu daripada memposting foto-foto selfie anda sebab dengan anda memperkenalkan budaya lokal kamu, kamu akan memberikan konstribusi dalam pelestarian budaya yang ada.




Posting Komentar

0 Komentar